/ Tips / Tips Memilih Oli Mobil Untuk Mobil Kesayangan Anda


Tips Memilih Oli Mobil Untuk Mobil Kesayangan Anda


Tips memilih oli mobil

Pada mesin kendaraan atau mobil, pelumas mrupakan komponen penting. Namun dalam memilih cairan yang berfungsi melumasi kendaraan sehingga mempermudah gesekan logam didalam mesin ini haruslah sesuai dengan karakter mesin mobil yang Anda miliki.

Agar tidak salah memilih jenis pelumas, ada beberapa tips yang harus dipahami agar penggunaan oli cocok dengan karakter mesin mobil yang anda miliki. Berikut tipsnya :

  1. Yang harus dipahami pertama kali adalah spesifikasi mesin kendaraan. Dibuku manual pasti diesebutkan teknologi mesin dan jenis oli yang cocok. Merek apapun, pada dasarnya sama asal spesifikasi bisa diterima oleh mesin mobil.
  2. Perhatikan tingkat kekentalan. Mobil-mobil masa kini, terutama yang sudah ada embel-embel VVT, VVTi dan sejenisnya. Minimum menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. MEsin mesin seperti itu tidak cocok jika dipasanhkan dengan oli berkekentalan 20/50 atau lebih kental.
  3. Perhatikan juga kode lain seperti API. API SM khusus untuk mobil-mobil berteknologi baru dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk generasi sebelumnya, misalnya mobil keluaran 2004 ke bawah, dianjurkan pakai kode SL. LAlu ada kode SJ untuk 2001 kebawah.
  4. Huruf "W" yang terdapat di belaknag angka wal, adalah singkatan dari "winter". Misalnya SAE 15W-50 berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin satart pada kondisi ekstrim sekalipun.
  5. Oli syntetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbarun )turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya), membutuhkan pelumasan lebih baik, dimana celah anatar logam lebih sempit atau presisi. Hanya oli sysntetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.
  6. Boleh gonta ganti merek oli, asala kode kekentalan sama. Sebaiknya tidak melakukan to up (menambah volume) karena terdapat sisa pembakaran di ruang bakar yang harus dibuang pada oli lama.

CS: ARFIN HONDA

087749915229
085225782229
085647069693

Email: info@hondabrebes.com

Comments